Rabu, 18 November 2009

Hafalan Sholat Delisa

Judul Buku : Hafalan Sholat Delisa
Penerbit     : Republika
Penulis       : Tere-Liye
Resenser by Sugiyarto ( WFC cabang Jakarta )


Hafalan solat Delisa, membaca buku ini di halaman-halam pertamanya kita akan  di bawa terbang jauh ke Kota Lok Nga yang di gambarkan begitu asri dengan suasana  pantai lepas.Lok Nga adalah salah satu kota bagian dari provinsi Aceh,  ujung paling barat pulau Sumatra.Penggambaran kota Lok Nga cukup  detail oleh penulisnya walaupun penulis bukan asli Aceh dan menurutnya sama sekali belum pernah ke Aceh.

Delisa gadis kecil umur 6 tahun sebagai tokoh utamanya mewakili ragam penduduk Lok Nga, rambutnya yang pirang dengan mata berwarna hijau, khas anak-anak dari Eropa.Aceh menurut cerita, penduduknya terdiri dari banyak keturunan dari berbagai negeri dan kata Aceh sendiri menurut cerita juga merupakan singkatan dari kata Arab, Cina ,Eropa, dan Hindia (Eropa) .Delisa di gambarkan bernenek moyang Eropa yang sudah bercampur dengan penduduk asli aceh.

Novel ini cerita utamanya mengangkat tentang sosok  gadis kecil dan lucu bernama Delisa yang sedang berusaha menghafal bacaan solat. Latar belakang cerita adalah bencana tsunami yang terjadi  pada tahun 2004 yang ikut mengharu biru isi cerita. Bagaimana dahsyatnya tsunami  digambarkan oleh Tere Liye penulisnya dengan sangat baik sehingga seakan-akan kita yang membaca berada dalam suasana tsunami tersebut.
Banyak pelajaran tentang kesabaran, ahlak, dan ketidakputusasan dalam menghadapi segala bentuk cobaan hidup kita dapatkan dari sosok Delisa yang juga terkena bencana tsunami.Kita juga akan jadi ingat kembali ketika usia kita masih 6 tahun dulu.Tentang kenakalan masa kecil, permainan masa kecil dan bagaimana susahnya ketika harus menghafal berbagai doa waktu kita mengaji.

Bagi penikmat sastra novel ini sangat enak di baca selain akan mendapatkan bebagai hikmah dan pelajaran kita juga akan termotivasi agar tidak mudah berputus asa dalam menhadapi berbagai problematiak hidup.Pas sekali di baca saat-saat santai dengan teh manis hangat dan di suasana Banjarnegara yang sejuk cenderung dingin.

Di salah satu sesi acara Indonesia Book Fair beberapa hari yang lalu info penulis novel ini, bahwa novel ini akan segera di filmkan dan bulan ramadhan tahun depan sudah bisa tayang.Selamat membaca dan selamat berselancar ke negeri Lok Nga.

Jakarta 19 Nov 09,
Sugiarto

1 komentar:

whonesia on Kamis, 19 November, 2009 mengatakan...

Sebenarnya banyak bgt i'tibar yg bisa kita peroleh dr sekitar kita ya kang...,termasuk di dalam sebuah novel sekalipun.
maka dari itu, saya pingin ngajak temen-temen u terus belajar nulis apa saja yg perlu di tulis. baik ttg sebuah kejadian atau peristiwa, pengalaman, khikmah, pelajaran, pengalaman dll.
semoga upaya kita bersama u bisa menumbuhkan minat blogging dapat terwujud. Amiin....salam-wongmbanjar

Posting Komentar

matursuwun sudah perpartisipasi kasih comment di blog saya. salam wongmbanjar

 

Tagline WFC - 01

Landasan Pikiran
Tuhan tidak akan pernah menguji suatu kaum diluar batas kemampuannya.
Tuhan tidak akan mengubah suatu kaum, jika kaum tersebut tidak mau untuk berubah.
Barang siapa bersyukur atas nikmatKu, maka nikmatKu akan Aku lipat gandakan. Dan barangsiapa kufur terhadap nikmatKu, sunguh siksaKu teramat pedih. Al-Khadis

Tagline WFC - 02

Perjuangan dan Cita-Cita
Membangun Nasionalisme tanpa dilandasi dengan pembangunan Priomordialisme yang proporsional adalah sebuah NIHILISME. by Soekarno

Tagline WFC - 03

Inspirasi & Spirit
Hanya kurang satu paku, kuda tidak bisa berjalan dengan optimal
Karena kuda yg satu tidak bisa berjalan dengan optimal, maka rombongan kurang satu kuda
Karena kurang satu kuda, pesan-nya tidak sampai
Karena pesan-nya tidak sampai, akhirnya kalah dalam pertempuran
By : 2Fast2Farious Toktyo Drift Film

Kalou kamu punya mimpi, bangun dan barjuanglah, JANGAN Tidur lagi
By Anggun C Sasmi

Tagline WFC - 04

Pengalaman Hidup
Takdir hanya dimenangkan oleh orang-orang yang mau mendekatkan diri padaNya
Pertempuran hanya dimenangkan oleh orang-oang yang mau berjuang keras dengan semangat yangg membara, penuh dengan integritas, dedikasi dan juga loyalitas.

Jika kamu tidak ingin di khianati, maka kamu tidak boleh mengkhianati
Kepercayaan hanya di dapat dari orang-orang yang jujur dan juga profesional
WongMbanjar Community Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template